Musim Durian tlah tiba ….

Bulan Desember sudah tiba, bagi para pecinta Buah Durian adalah durenawaktu yang di tunggu-tunggu. Di Kabupaten Karanganyar biasanya musim durian antara bulan Desember sampai Maret, bahkan kadang lebih dan puncak panen raya adalah bulan Januari–Pebruari. Di Kabupaten Karanganyar ada 7 Kecamatan yang merupakan Sentra Buah Durian yaitu Kecamatan Kerjo, Mojogedang, Karangpandan, Matesih, Jumantono, Jumapolo dan Jatipuro.   

Dari data Dinas Tanaman Pangan, Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Karanganyar terdapat kurang lebih 190.000 pohon durian di Kabupaten Karanganyar, 65.000 saja yang menghasilkan buah dan siap di panen. Dari ribuan pohon itu, bisa dihasilkan 20.000 – 22.000 ton/ tahun. waw….

Durian yang di hasilkan dari Karanganyar mempunyai citarasa yang khas yang mungkin tidak ditemui di daerah lain. Varietas Unggul Nasional asal Kabupaten Karanganyar antara lain Durian Sukun, Durian Teji, dan Durian Lawkra. Varietas itu mempunyai keunggulan tersendiri, sehingga mampu menciptakan ciri khas suatu daerah. Selain itu juga, dikembangkan Durian Unggul Lokal di masing-masing wilayah seperti Durian Bodong (Jatipuro), Durian Gundul dan Durian Jingga (Jumapolo), Durian Gendon (Jumantono), Durian Ledek (Matesih) dan Durian Arum Kuning (Mojogedang). Selain Durian Lokal juga dikembangkan Durian Unggul yang sudah mendunia yaitu Durian Monthong dan Durian Kani.

Untuk berburu Durian di Karanganyar, kita bisa langsung menuju ke daerah penghasilnya antara lain di Desa Genengan Kecamatan Jumantono, atau di Tunggulrejo, Matesih kearah selatan, ada lagi di Sekitar Bendungan desa Plosorejo Matesih, dan yang suka dengan Durian Jumbo ada di Ndeso Buah di Tepus, Bulurejo RT 3/ RW XIII, Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang.  Untuk yang di Kios Durian simanBendungan, Plosorejo, Matesih, penulis mendapati sebuah Durian yang sangat enak, dengan aroma yang harum dan daging yang tebal, pulen, dan lembut. Namun si pemilik kios tidak tahu jenis nya, menurutnya adalah Durian dari kebun Pak Siman, dan dari situlah kemudian di sebut Durian “Siman”.

Para pencinta durian bisa menikmati buah durian berukuran ekstra jumbo. Ya, durian jenis monthong dan kani yang berasal dari Bangkok, Thailand dengan P1000770
berukuran 10 kg sampai 15 kg bisa ditemui kebun Ndeso Buah, Mojogedang, Karanganyar. Di Ndeso Buah anda bisa memetik Durian langsung dari pohonnya, atau hanya sekedar berfoto ria juga boleh. Kebun ini di kelola oleh Bapak Johan Ariyono (foto samping) dengan luas kurang lebih 2 hektare, dengan jumlah hampir 100 pohon durian dari berbagai jenis. Namun jenis yang paling mendominasi adalah durian monthong dan kani dari Bangkok. Warga yang datang ke kebun Ndeso Buah dibuat seolah berwisata durian. Durian dengan ukuran tiga bahkan lima kali lipat dari wajah manusia ini bisa ditemui di kebun durian ini. Harga nya untuk Durian Monthong Rp. 24.000 per kg, dan untuk Durian Kani Rp. 20.000 per kg.  Bagaimana mau mencoba ???

Advertisements
This entry was posted in Jalan-jalan, Tak Berkategori and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s