Gempol Pleret …. kombinasi rasa yang unik

Mie Thoprak dan Es Dawet Gempol Pleret merupakan salah satu makanan khas Solo, salah satunya adalah di warung makan milik pak Harto ini. Warung makan ini sudah sangat melegenda bahkan Pak Bondan Winarno dari Wisata Kuliner Trans TV pun pernah datang berkunjung. Warung sederhana ini sangat mudah ditemukan, yaitu di Jl.  Dr. Wahidin No. 34 Mangkuyudan Solo, tepatnya 10 P1100615meter sebelah utara Masjid Tegalsari (pondok Ta’mirul Islam) Solo atau Selatan Rumah Sakit Tentara Gendengan kurang lebih 500 meter. Untuk menuju ke warung ini bisa melalui Jl. Dr. Radjiman Laweyan setelah sampai lampu merah Sabar Motor belok ke utara kira-kira 250 meter, kalau dari arah utara (kotabarat) pengendara mobil harus berputar karena jalan sebelah timur RS DKT satu arah, bisa melewati jalan kecil sebelah barat Solo Grand Mall, atau Perempatan Lampu P1100614Merah Purwosari keselatan kemudian ambil arah kiri. Berhubung berupa warung makan sederhana, jangan membayangkan tempat yang nyaman dan berkelas,  hanya ada beberapa meja panjang dan kursi panjang (jawa :  dingklik), tapi di sinilah keunikannya walaupun sederhana tapi pengunjungnya tidak pernah sepi.

Menu Makanan Utama di warung ini adalah Mie Thoprak, bakmi thoprak disajikan dengan bahan yang terdiri dari mi telur, daging kP1100611oyor (tetelan), sosis, mihun, karak (krupuk gendar), tahu, tempe,  kol, tauge, cakwe, seledri, bawang merah goreng dan  kacang tanah goreng, kemudian disiram kuah bening dengan citarasa yang sangat khas.

Sedangkan menu Minuman Utama adalah Es Dawet Gempol Pleret, Gempol dibuat dari tepung beras dan dibentuk bulat mirip bakso tapi agak pipih yang kemudian di kukus, mempunyai citarasa yang gurih. Pleret mempunyai bentuk pipih mirip bunga dengan warna coklat dan rasa yang manis dibuat dari tepung beras yang ditambah gula merah, Kemudian dikukus, lP1100610alu di pipihkan dan “pleret” dengan jempol lalu di kukus kembali.  Gempol dan Pleret yang terbuat dari bahan baku sama namun dengan rasa yang bertolak belakang ini sangat nikmat ketika disatukan dalam satu mangkok yang di tambah kuah santan, juruh (gula jawa di cairkan), cendol dan potongan es.

Warung makan ini juga menyajikan beberapa menu selain mie thoprak dan gempol pleret, yaitu aneka sup, ada sup ayam, sup galantin sampai dengan sup matahari.

Advertisements
This entry was posted in Kuliner and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s