Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 biasa juga dikenal dengan Batu Secret Zoo merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang berada di Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Jatim Park 2 mengusung secret zookonsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan secara modern dengan latar belakang sesuai habitat aslinya. Jatim Park 2 dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 14 hektare dengan tiga area utama yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Hotel Pohon Inn. Jatim Park 2 mulai dibangun sekitar akhir tahun 2008 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010. Beberapa koleksi hewan dari berbagai habitat yang sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika dapat ditemukan di kebun binatang ini, antara lain singa putih, kijang afrika, burung macau dan beraneka jenis reptilia.

Fasilitas dan Koleksi Batu Secret Zoo  antara lain :

  • Batu Secret Zoo hewan 2
  • Savannah
  • Kampung Afrika dan Gajah
  • Rumah Burung Elang
  • Kuda Nil dan Buaya
  • Fantasy Land
  • River Adventure
  • Feeding Birds
  • Tiger Land
  • Bahtera Nabi Nuh

 

Batu Secret Zoo A

Menampilkan berbagai macam koleksi hewan, yang di tampilkan di dalam kandang atau zona yang dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan habitat aslinya. Di sini juga terdapat beraneka jenis hewan reptil yang di letakkan di dalam kotak kaca, Flying Lemur, Aquarium baik ikan air laut maupun ikan air tawar, dan sebagainya. Batu Secret Zoo membuat seluruh hewan hidup di dalam kandang dengan tema seperti di alam lepas agar menarik perhatian para pengunjung. Ring-tailed Lemurs dari Madagaskar juga ada di Batu Secret Zoo ini.

Savannah

Savannah adalah sebuah lorong dengan dinding di kanan kiri yang terbuat dari kaca hewan 4yang cukup tebal sehingga para wisatawan dapat menyaksikan hewan-hewan khas daerah Afrika lengkap dengan ekosistemnya, seperti Zebra, Giant Sable Antelope, Oryx, Scimitar-Horned dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi tentang hewan yang ada di zona ini dari perangkat komputer multimedia yang dilengkapi dengan layar sentuh.

Kampung Afrika dan Gajah

Di kawasan ini pengunjung merasa seakan-akan berada di Benua Afrika lengkap dengan suasana dan hewan-hewan khas Afrika, termasuk hewan-hewan kecil seperti kelinci, kuda poni, marmut dan lainnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa Gajah yang berada di kandang sebelah kanan jalan, sekaligus dapat memberi makan gajah tersebut.


Rumah Elang

Disini kandang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi semacam rumah bagi para elang-elang yang di koleksi oleh pihak kebun binatang. Para pengunjung yang masuk ke “rumah” elang ini dapat menyaksikan kehidupan kawanan elang dengan berbagai spesiesnya.

Safari Farm

Ini merupakan Wahana Favorit yang paling ditungsafarigu-tunggu oleh para pengunjung, bahkan antrian panjang pun tidak masalah. Di Safari Farm kita akan di ajak berkeliling dengan menggunakan kereta khusus yang dirancang keamanan dan kenyamanannya, dengan seorang sopir laki-laki dan seorang pemandu wanita yang akan memberikan penjelasan mengenai hewan-hewan yang ada di Safari Farm. Selama berkeliling naik kereta ini pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan yang di lepas sedemikian rupa secara langsung. Hewan-hewan yang ada di Safari Farm antara lain Buaya, Harimau, Bison, Anthelop, Kuda Poni, Unta dan lainnya. Pengunjung bisa membeli makanan berupa wortel yang dikemas  khusus untuk diberikan secara langsung kepada hewan-hewan yang mendekat ke kereta.

Kuda Nil dan Buaya

Di Zona ini pengunjung bisa menyaksikan secara langsung kehidupan buaya dan Kuda Nil, habitat, makanan, dan cara bergeraknya. Kuda Nil akan di beri makan pada jam-jam tertentu, dan pengunjung bisa ikut memberi makan. Pengunjung juga dapat melihat buaya dari atas jembatan yang sudah dibuat, dan menyaksikan aktivitas buaya.

Fantasy Land

mainanMerupakan area permainan yang cukup luas dan lengkap wahana permainannya baik wahana untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Bagi pengunjung yang telah dewasa serta memenuhi persyaratan dan ingin menguji keberanian pun tersedia wahana permainan pemacu adrenalin seperti Tsunami, Gurita, Coaster dan sebagainya. Di sini juga di sediakan foodcourt dengan menu lumayan lengkap yang pembayarannya memakai sistem deposit. Terdapat pula kolam renang anak dengan waterboom nya dan juga air mancur. 

River Adventure & Kapal Nabi Nuh

Di zona ini pengunjung bisa menaiki perahu berkeliling serambi melihat-lihat Orangutan yang tinggal di pulaunya. Kemudian terdapat replika kapal Nabi Nuh dan pengunjung bisa naik keatasnya untuk sekedar berfoto ria.

hewan 3Feeding Birds

Batu Secret Zoo menyediakan fasilitas memberi makan beberapa jenis burung, dan yang paling favorit bagi wisatawan adalah memberi makan burung Flamingo yang memiliki  bulu berwarna pink yang sangat menawan, bahkan sangat jinak ketika tangan kita berisi makanan dan diulurkan ke kawanan flamingo. Makanan burung ini disediakan dan dijual khusus dan pengunjung tidak boleh memberi makan hewan dengan makanan selain yang disediakan oleh pengelola.

Tiger Land

Harimau disini di tempatkan di kandang yang kokoh sesuai dengan tema habitat aslinya dengan sebagian dinding terbuat dari kaca yang lumayan tebal, sehingga pengunjung bisa melihat harimau layhewan 1aknya di dalam
sebuah aquarium raksasa dengan aman. Di Zona ini juga terdapat singa putih yang di tempatkan  bersebelahan dengan Singa Afrika. Di zona ini pengunjung bisa memberi makan harimau (sering di sebut mancing harimau) dengan membeli daging ayam sebagai umpan yang telah disediakan oleh pengelola. Mancing Harimau berada di satu ruangan yang di desain mirip rumah panggung dengan lantai terbuat dari kaca yang tebal dan kuat sehingga mampu menopang beban yang berat, sehingga pengunjung bisa berdiri di lantai tersebut sambil memegang pancing lengkap dengan umpan. Harimau biasanya berada di bawah lantai kaca dan terlihat sangat jelas ketika akan meloncat untuk meraih daging ayam di ujung pancing dan inilah yang menjadi tontonan unik serta langka.

Setelah ini pengunjung akan menjumpai pintu keluar dari Batu Secret Zoo dan melanjutkan petualangan selanjutnya.

Advertisements
This entry was posted in Jalan-jalan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s