Eco Green Park

Eco Green Park merupakan salah satu obyek wisata yang beralamat di Jl. Oro – Oro Ombo nomor 9A, Kelurahan Temas, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, tepatnya di sebelah Batu Secret Zoo. Eco Green Park dibangun di atas lahan eco 1dengan luas sekitar 6 hektar dengan ketinggian 1.200 dpl berada di lereng gunung Panderman dengan suhu rata-rata 27 derajat celcius. Obyek wisata ini dibangun dengan konsep 10% sampai dengan 15% adalah berbentuk bangunan permanen dan semi permanen, sedangkan 85% adalah sebagai ruang terbuka hijau dengan jalur jalan sebagian terbuat dari papan kayu. Eco Green Park mulai di bangun pada tanggal 15 Juni 2012 dan di buka untuk umum secara resmi pada tanggal 1 Juli 2012 dengan mengusung motto “Fun & Study”Eco Green Park merupakan tempat wisata pertama yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group yang bernuansa ekosistem dan lingkungan yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah.

Wahana-wahana di Eco Green Park memadukan Konsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan dan Seni inspiratif, Menarik dan Mendidik. Wahana tersebut antara lain :

  • Flaminggoeco 2
  • Insectarium
  • Walking Birds
  • Music Plaza
  • Jungle Adventure
  • World of Pheasant
  • Pengolahan Sampah dan Biogas
  • Hidroponik Strawberry dan Jamur
  • Carnivora Garden
  • World of Parrots
  • Bird of Paradise
  • Duck Kingdom
  • Owl
  • Elang dan Rangkok
  • Parkit Dunia
  • Bird Galleryeco 3
  • Rumah Terbalik
  • Water Outbound
  • Horticulutur Trap
  • Angry Birds Games
  • Pasar Burung
  • White Peacock
  • Monumental Candi-Candi
  • Basmi Hama
  • Science Center
  • Dome Multimedia, Cinema 3D
  • Eco Journey

Zona Miniatur Candi

Di adalah awal dari penjelajahan Eco Green Park dengan suguhan berupa replika candi dan kolam, miniatur lahan persawahan di lereng bukit yang ditanami tumbuhan-tumbuhan hijau. Berikutnya wisatawan akan menemukan seni instalasi daur ulang barang bekas berbentuk gajah yang terbuat dari barang-barang elektronik ada televisi, monitor, scanner, telepon dan printer yang disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk gajah. Kemudian terdapat patung sapi yang terbuat dari 3 unit limbah mobil dan bola bekas.

Zona Insectarium

Zona ini menampilkan berbagai jenis serangga baik yang masih hidup maupun yang sudah diawetkan. Serangga-serangga yang sudah diawetkan di susun di dalam figura kaca dan serangga yang hidup di tempatkan di dalam aquarium kaca dan di buat seperti berapa di habitat aslinya. Ada pula serangga-serangga awetan disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk kumbang raksasa.

eco 4 Zona Walking Bird

Zona ini dibangun dengan tetap mempertahankan pohon-pohonan yang ada dan dibuat pagar permisah antar kandang dengan kayu demikian pula dengan jalan setapak bagi pengunjung juga di buat dari papan kayu. Di sini burung-burung di lepas bebas seperti burung unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu, dan dan sebagainya.

Zona Music Plaza

Zona ini terdapat kolam unik dengan susunan sedemikian rupa sehingga bisa menimbulkan bunyi khas apabila kita memompa air sesuai petunjuk yang ada. Selain itu disediakan kafe dengan tampilan ala khas Negeri Belanda lengkap dengan kincir anginnya.

Zona Jungle Adventure

eco 6Di zona sangat seru terutama bagi anak-anak, kita akan diantar berkeliling dengan mobil khusus yang bisa dinaiki oleh 7 orang dan seorang pengemudi sekaligus pemandu. Di depan tempat duduk (jok) penumpang terdapat pistol dengan sensor infra merah yang akan digunakan untuk menembak patung-patung pemburu dan penebang kayu liar yang berada di sisi  kanan dan kiri jalur mobil. Apabila lampu merah di dada patung menyaka segera bidik dengan pistol dan tembak. Bila bidikan pistol tepat maka layar didepan penumpang akan menunjukkan score yang didapat.

Zona Animal Farm

eco 5Kawasan Animal Farm di desain sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah peternakan dengan di isi hewan-hewan khas peternakan seperti sapi, kambing, ayam dan lainnya. Di zona ini juga terdapat stan khusus yang menjelaskan cara membuat campuran pakan ternak, cara pengolahan limbah ternak, cara pengolahan susu dan sebagainya.

Zona Hydroponic

Di zona ini dikembangkan tanaman-tanaman dengan sistem hidroponik, yaitu tanaman di tanam dengan media utama air dengan pupuk khusus seperti strawberry, paprika, tomat dan lainnya. Ada juga Rumah Jamur yang berisi berbagai jenis jamur beserta cara budidayanya hingga pengolahan menjadi bahan pangan.

Zeco 7ona Burung Kakak (World Parrots)

Di zona ini kita dapat melihat berbagai jenis burung kakak tua yang berasal dari seluruh penjuru dunia, dengan warna-warni yang indah.

Zona Kerajaan Bebek (Duck Kingdom)

Berbagia jenis bebek dari seluruh penjuru dunia di lepas bebas di kolam-kolam dengan desai yang indah dan tema sesuai dengan habitat aslinya. Ada juga kolam khusus dengan beberapa jenis bebek yang bisa kita beri makan dengan membeli makanan khusus ke petugas.

Zona Rumah Terbalik

Zona ini menampilakan bangunan utama Rumah dengan posisi terbalik, begitu juga mobil yang diparkir didepan rumah juga dengan posisi eco 8terbalik. Kalau kita masuk kedalam maka perabot rumah tangga berada menempel di langit-langit, dan terasa agak menyeramkan. Dengan teknik tertentu pengunjung bisa berfoto dengan pose yang unik.

Zona Water Track

Bagi yang menyukai permainan pemacu adrenalin di zona ini ada beberapa permainan seperti berjalan diatas balok yang mengambang di air dan flying fox (dengan tiket khusus). Bila pengunjung salah injak atau meleset maka akan tercebur ke dalam kolam.

Zona Pasar Burung

Di sini kita merasa seperti berada di dalam pasar burung betulan, banyak merpati jinak yang selalu berkerubung untuk makan di lantai. Kita bisa juga mengambil foto selfi sebagai pedagang burung. Tetapi ada yang unik disini yaitu bila diperhatikan tulisan di papan pintu gerbangnya berbunyi “Pasar Boeroeng – Esok Boeka”.

eco 9Dome Multimedia

Di dalam zona ini kita akan menyaksikan film tentang Hanoman yang melawan kekuatan jahat, dengan layar yang digunakan adalah atap dari dome itu sendiri dan dilengkapi efek bergetar di lantai. Tata suara cukup bagus dan pertunjukan ini cukup berlangsung tidak terlalu lamahanya sekitar 10 menit.

Eco Science Center

Wahana ini diluncurkan pada awal 2013, dengan menyuguhkan nuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas sangat menarik. Wahana berisi miniatur 30 candi yang berasal dari Jawa-Bali, juga diberikan edukasi tentang bagaimana awal mula terbentuknya bumi, proses hidrologi, proses gunung berapi, hingga eksplorasi bumi seperti pertambangan batubara dan emas. Setelah melewati lorong tambang, pengunjung akan menemui sekumpulan materi edukasi terkait bencana dan fenomena alam. Mulai dari edukasi asal-usul hujan, bahkan ada rumah simulator gempa untuk merasakan gempa bumi dengan 3-8 skala richter, ada juga simulator angin topan berkekuatan 100 km/jam. Terdapat pula simulasi terjadinya gelombang tsunami dan merasakan global warming hingga minus 18 derajat celcius di ruangan khusus.

Harga Tiket Eco Green Park :

Harga Tiket reguler

Weekday (senin – kamis)        :  Rp.  40.000,-

Weekend (jum’at – minggu)   :  Rp.  60.000,-

Paket Kaget 1  (Eco Green Park + Jatim Park 1)

Weekday (senin – kamis)        :  Rp.  70.000,-

Weekend (jum’at – minggu)   :  Rp.  100.000,-

Paket Kaget 2  (Eco Green Park + Jatim Park 2)

Weekday (senin – kamis)        :  Rp.  85.000,-

Weekend (jum’at – minggu)   :  Rp.  125.000,-

Paket Kaget 3  (Eco Green Park + Museum Bagong/Predator Fun Park)

Weekday (senin – kamis)        :  Rp.  50.000,-

Weekend (jum’at – minggu)   :  Rp.  80.000,-

Tiket Terusan :

Bisa Masuk ke  : Jatimpark1 + Jatimpark2 + Eco Green Park + Museum Angkut + Museum Tubuh + Tiket Masuk BNS + Predator Fun Park

Tiket Sakti (berlaku selama 2 hari)  All days                    Rp.  300.000,-

Tiket Super Sakti (berlaku selama 3 hari)  All days        Rp.  400.000,-

Advertisements
This entry was posted in Jalan-jalan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s