Sop Buntut Legendaris Bu Ugi Tawangmangu

depanApabila anda seorang pecinta kuliner dan kebetulan sedang berkunjung atau lewat di kawasan wisata Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, warung makan Bu Ugi  harus masuk agenda perjalanan. Kenapa ?  karena cita rasa masakan Sop Buntut dan Nasi Pecel yang sangat khas dan tidak berubah selama puluhan tahun, yang menurut informasi warung bu ugi berjualan Nasi Pecel sejak tahun 1930 dan Menu Sop Buntut mulai dijajakan sejak tahun 1980. Warung ini di kelola sendiri oleh Bu Jami di bantu oleh anak-anaknya, termasuk nama Warung menggunakan nama salah satu anaknya. Sekarang ini bu Ugi juga membuka Cabang di kota Solo tepatnya di Jl. Veteran, dari perempatan Gemblegan ke barat sebelah kanan jalan yang di kelola oleh salah satu anak beliau.

Warung Bu Ugi berada di sisi kiri jalan Tawangmangu – Sarangan tepat di tanjakan Kalisoro sehingga saat parkir kendaraan terutama mobil harus ekstra hati-hati. Hawa dingin nan sejuk di lereng Gunung Lawu juga turut memberikan sensasi tersendiri di saat kita menikmati makan. Warung Bu Ugi sekarang sudah lumayan luas dengan kapasitas kurang lebih 50 pengunjung, didukung dengan pelayanan yang cepat.

pecel sop-buntut

Begitu memasuki warung, segera aroma sop buntut yang khas tercium dan sangat menggugah selera. Setelah mendapat tempat duduk dan memesan ke pelayan, maka dalam beberapa menit kemudian menu yang dipesan sudah ada di hadapan kita. Nasi Pecel dengan sayuran yang diguyur sambal kacang dilengkapi telur ceplok sangat pas di lidah, begitu juga dengan Sop Buntut dengan daging yang empuk dan mudah lepas dari tulang. Sop Buntut disini porsinya lumayan besar karena mangkok sampai penuh sesak oleh buntut sapi, walaupun kuahnya bening tetapi bumbunya sangat merasuk kedalam daging dan sangat gurih, dilengkapi potongan wortel dan kentang yang segar serta taburan daun bawang dan seledri.

garang-asem buah-depan

Selain itu juga ada menu Garangasem Ayam yang tak kalah nikmatnya. Hawa pegunungan yang dingin mengharuskan kita segera menghabiskan sop buntut disaat masih panas, agar tidak keburu dingin.

Advertisements
This entry was posted in Kuliner and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Sop Buntut Legendaris Bu Ugi Tawangmangu

  1. mysukmana says:

    sekarang berapaan harganya ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s