Gulai Sapi vs Sayur Lodeh, maknyus ……

singkil-1Walaupun Hari Raya Idul Adha sudah berlalu, tetapi ada satu kesan unik berkaitan dengan kuliner, khususnya di Dusun Singkil, Desa Taji, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten yang selalu di nantikan setiap tiba hari raya Idul Adha. Dusun Singkil adalah sebuah dusun paling timur bagian dari Kabupaten Klaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo dengan hanya dibatasi oleh Sungai Bengawan Solo. Untuk menuju Dusun Singkil ini apabila dari alun-alun Kabupaten Sukoharjo lurus kearah barat sekitar 15 menit Sampai Desa Serenan belok kanan sekitar 1 km, tetapi kalau dari Kota Klaten tepatnya Stasiun Delanggu ketimur sampai jembatan Bengawan Solo di Desa Sidowarno, belok kanan sekitar 1 km.

singkil-4Kuliner ini bukanlah masakan yang biasanya dijumpai saat Idul Adha seperti sate kambing, tongseng atau rendang, tetapi adalah kombinasi antara Gulai Sapi dan Sayur Lodeh.  Nah lhooh……. gimana rasanya coba, bahkan saya pun waktu mengetahui hal itu sempat “maido” (jawa : membantah), “mosok gule kok di maem campur jangan lodeh ?” (artinya : masak makan gulai kok di campur dengan sayur lodeh).  Memang setiap tiba hari raya qurban bisa di pastikan hampir semua warga memasak lauk berbahan daging sapi atau kambing, begitu juga di Dusun Singkil yang setiap qurban selalu melibatkan hampir seluruh warga sebagai bentuk gotong royong, bahkan anak-anak pun terlihat berkerumun ingin tahu proses penyembelihan hewan qurban. Nah disaat bapak-bapak dan para pemuda memproses hewan qurban hingga mengantarkan kepada warga, sebagian ibu-ibu menyiapkan minuman, makanan ringan hingga makan siang di dapur.

singkil-3 singkil-2

Sebagai Menu tradisi dikampung ini adalah Gulai Sapi yang dikombinasi dengan Sayur Lodeh, bukan dicampur saat mengolahnya, tetapi dicampur pada saat memakannya. Gulai sapi dimasak seperti pada umumnya, kemudian Sayur Lodeh juga dimasak tersendiri seperti biasanya, yang terdiri dari pepaya muda, waluh (labu kuning), kluwih, terong,  kacang panjang dan teman-temannya.

singkil-5

Setelah semua matang kemudian Gulai di sajikan di atas piring, dan sayur lodeh disajikan di panci atau baskom ukuran sedang. Cara memakannya adalah ambil satu porsi Gulai Sapi, tambahkan nasi putih secukupnya, lalu siramkan sayur lodeh diatas nasi secukupnya, silahkan rasakan sensasi kenikmatan kombinasi dua menu ini dan …..  jangan malu bila ingin nambah lagi.

Pokoke maknyusss….. (kata pak bondan)  atau  naknan (kata mas tomy)

Advertisements
This entry was posted in Kuliner and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s