Mangut nDas Beong khas Magelang

p1070468Pernah berkunjung ke Candi Borobudur atau mungkin sedang merencanakan untuk mengunjunginya?  apabila ya, maka Kuliner yang satu ini harus masuk jadwal perjalanan wisata anda. Kuliner Khas Magelang ini adalah masakan Mangut yang di olah dengan bahan utama Ikan Beong yaitu di Warung Sehati Selera Pedas. Mangut adalah masakan yang serupa gulai yang terdiri dari bumbu utama kunyit, lengkuas, serai, ketumbar, merica, daun salam dan juga daun jeruk serta santan yang dimasak hingga mendidih dan ditambahkan ikan Beong. Yang berbeda saat penulis menengok ke dapur adalah sebuah nampan besar berisikan cabe rawit merah yang sudah disiapkan untuk dicampurkan utuh kedalam masakan mangut beong, sehingga terbayang betapa pedasnya. Ikan Beong adalah ikan yang hidup alami di Sungai Progo, Magelang yang di daerah lain kadang disebut ikan Baung, tetapi populasi nya sekarang sudah banyak berkurang dan sedang di usahakan untuk dipelihara di kolam walaupun lumayan lebih sulit di banding beternak lele. Ikan baung hampir serupa dengan ikan lele tetapi ukuran badannya lebih besar, lebih tebal dagingnya dan warna peta2kulitnya bukan hitam tetapi agak coklat terang.

Untuk menemukan Warung Sehati selera pedas ini dari arah pintu keluar Obyek Wisata Candi Borobudur ambil arah ke kiri (kekanan bila tidak masuk Candi Borobudur) masuk ke jl. Diponegoro yang merupakan jalan raya menuju Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Setelah sekitar 10 menit perjalanan atau kurang lebih 3 km, anda akan menjumpai SDN Kembanglimus di sebelah kiri jalan maka segera riting kiri kendaraan anda, karena warung ini berada di sebelah kiri jalan berdampingan dengan TK PUSPITA. Warung Sehati berukuran tidak terlalu besar dan lahan parkir hanya dipinggir jalan raya di depan warupetang  saja. Warung ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga jam 17.00 WIB tetapi kadang siang sudah tutup bila telah habis, dan hindari jam istirahat/makan siang karena warung akan penuh sesak dengan pengunjung. Penulis sudah 2 kali jauh-jauh dari Kabupaten Karanganyar berkunjung ke warung ini untuk mengobati rasa kangen akan lezat dan pedas gurihnya mangut ndas beong ini. Bahkan banyak para pejabat pemerintahan, dan publik figur yang pernah berkunjung ke sini terlihat dari jajaran bingkai foto yang ada di dinding warung.

Mangut Beong yang tersaji di warung ini mempunyai citarasa yang sangat khas dan super pedas, jadi apabila berkunjung ke warung ini sebaiknya pesan minuman lebih dari dua ndas-beonggelas atau siapkan botol air mineral ekstra untuk antisipasi dari tamparan rasa pedas. Kemudian jangan lupa menyiapkan tisu ekstra kalau perlu sapu tangan atau handuk kecil, karena bisa dipastikan banyak keringat yang bercucuran (di jamin kotos-kotos). Biasanya kalau tidak suka rasa pedas penjual akan menawarkan untuk ditambahkan gudeg supaya berkurang rasa pedasnya. Mangut Ndas beong (kepala beong) adalah yang paling favorit di warung ini selain bagian badan ikan beong, ada juga ayam bacem, uceng goreng (ikan kecil sejenis wader), dan mangut beong kw (kw = ikan patin sebagai ganti beong). Tidak perlu lama sepotong kepala ikan beong yang memenuhi piring tersaji bersama sepiring nasi putih hangat dan trancam. Yang menarik makan kepala beong adalah sensasi dalam mencari daging diantara tulang (jawa : ngerah) kepala ikan beong yang besar ini serta terbakarnya lidah oleh rasa pedas.

Sumber Video :  NET TV (Official NET News)

Advertisements
This entry was posted in Kuliner and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s