Pantai Wediombo

Panwediombo3tai wediombo merupakan salah satu dari sekian banyak pantai laut selatan yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wediombo, dalam bahasa jawa wedi=pasir, dan ombo= luas, pantai wediombo memiliki hamparan pasir putih dan bebatuan karang yang eksotik. Pantai ini memiliki kolam renang alami yaitu di bagian pinggir yang dikelilingi karang, yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang. Pantai wediombo adalah pantai satu-satunya di gunungkidul yang menghadap ke barat sehingga setiap sore hari yang dinanti adalah pemandangan “sunset” atau matahari tenggelam di laut.

wediombo7Walaupun ombak pantai selatan terkenal besar, tapi di pantai wediombo ombak yang besar tadi sebagian terhalang oleh barisan batu-batu karang yang ada di sisi selatan seakan tersusun rapi di sepanjang pantai, sehingga pengunjung aman bermain air. Tetapi di bagian utara harus hati-hati karena jumlah batuan karangnya lebih sedikit. Pantai wediombo menawarkan banyak pilihan aktifitas seperti snorkeling, surfing, memancing, hingga foto selfie dengan latar belakang gugusan batu karang nan eksotis. Untuk menuju ke pantai wediombo adalah sama dengan jalur menuju pantai indrayanti, hanya di pertigaan jalan raya Tepus sebelum peta-wediombopantai indrayanti maka kita belok ke kiri (kalau kekanan menuju pantai indrayanti). Kurang lebih 40 menit berkendara kita akan sampai di pertigaan Jepitu, maka ambil arah ke kanan menuju pantai wediombo. Apabila dari pertigaan Jepitu kita berjalan lurus maka akan sampai ke jalan raya menuju Pracimantoro, Wonogiri. Untuk pengunjung dari soloraya bisa melewati jalur ini saat perjalanan pulang dengan kondisi jalan cukup lumayan, tetapi hindari lewat jalur ini saat malam hari karena lumayan sepi.

wediombo2 wediombo1

Setelah sampai dilokasi untuk menuju bibir pantai pengunjung harus berjalan menuruni tangga yang cukup banyak. Di kanan kiri jalan menuju bibir pantai banyak warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman. Terdapat juga musholla, fasilitas MCK, sewa peralatan snoorkeling maupun surfing, dan lain-lain.
wediombo4

wediombo6 wediombo5

wediombo9 wediombo8

Saat liburan beberapa pengunjung yang mendirikan tenda di pinggir pantai karena tidak ingin melewatkan “sunset” pantai wediombo sekaligus camping. Untuk melihat matahari tenggelam di laut pengunjung sebaiknya datang antara bulan november sampai mei. Untuk foto di atas batuan karang pengunjung harus hati-hati karena sebagian batu karang memiliki permukaan yang licin sehingga rawan terpeleset.

This entry was posted in Jalan-jalan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.