The Bagong Adventure…. Museum Tubuh Manusia

The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan bagong1museum tubuh manusia terlengkap dan terbesar yang pertama di Indonesia bahkan di Asia. Museum Tubuh ini berlokasi tepat sebelah kanan depan Jawa Timur Park 1 yang berada di Jl. Kartika No. 2 Kota Wisata batu. Wahana ini tergolong masih baru, yang diresmikan pada bulan Februari 2015, di dirikan di atas lahan sekitar 1 hektare dengan kapasitas sekitar 1500 pengunjung, museum ini memiliki bentuk yang sangat unik,  dengan relief organ tubuh manusia di setiap dinding bangunan yang berbentuk tokoh punakawan Bagong dalam posisi tengkurap.

Mengapa Museum ini berbentuk bangunan dengan karakter Bagong ? Seperti kita tahu bahwa Bagong adalah salah satu tokoh pewayangan yang termasuk dalam empat sekawan bagong3yang sangat fenomenal yang biasa disebut Punakawan, yang terdiri dari Semar, Petruk,
Gareng dan Bagong. Diantara empat tokoh tersebut, Bagong yang paling menonjol kepintarannya dan yang paling cerdik serta lucu? Selain filosofi tersebut Museum tubuh
juga ikut melestarikan budaya terutama budaya jawa.  Bangunan ini terdiri dari 6 lantai yang di dalamnya sarat dengan muatan edukasi dengan menampilkan seluruh anatomi tubuh manusia yang terbagi menjadi 17 zona. Dari setiap lantai dilengkapi fasilitas Lift sehingga pengunjung tidak kelelahan ketika berkeliling dan nyaman karena berpendingin udara, khusus dari lantai basement menuju ke pintu keluar pengunjung naik melewati tangga berjalan (eskalator).

Pengunjung Museum Tubuh ini juga bisa mendapatkan Medical Check Up gratis yang dilayani oleh tenaga medis di ruang pemerikasaan yang ada di dalam Museum Tubuh. Medical Check Up yang dapat dilayani antara lain mata, osteoporosis, asam urat, gula darah, kolesterol, lemak tubuh, golongan darah, dan tekanan darah. Di sini juga di sediakan ruang konsultasi kesehatan yang ditangani langsung oleh dokter.

Adapun urutan rute petualangan di dalam Museum Tubuh ini adalah sebagai berikut :

  1. Entrance,  pintu masuk yang berbentuk mulut bagong yang terbuka dengan suasana seperti berada dalam rongga mulut, ada penampakan sariawan juga.
  2. Zona Gigi, di sini kita dihadapakan pada sederetan gigi geligi yang ukurannya besar, kita bisa mengetahui macam-macam jenis gigi dan juga simulator lidah, bila tombol pahit kita tekan maka bagian lidah perasa pahit akan menyala, begitu seterusnya.
  3. Zona Telinga,  di sini ada informasi yang sangat berguna, bagaimana proses kita bisa mendengar suara dan cara kerja organ dalam telinga, dan bahaya mengorek telinga.
  4. Zona Hidung,  memasuki zona hidung kita akan melewati pintu yang bentuknya mirip lubang hidung kita termasuk ada bulu hidung terbuat dari karet yang  menyambut kita. Di dalam zona ini kita bisa tahu mengapa kita mengalami pilek, terjadinya mimisan yang di perankan robot bernama “kran”, juga ada simulator bagong sedang “sendawa”.bagong4
  5. Zona Otak,  di zona ini kita di hadapkan pada sebuah otak dengan ukuran raksasa, juga diterangkan fungsi dari otak kita termasuk cara test otak kiri dan otak kanan.
  6. Zona Mata,  ada bola mata raksasa disini lengkap dengan kornea, otot mata dan sebagainya termasuk fungsi-fungsinya diterangkan oleh guide, bagaimana sebuah gambar bisa kita lihat beserta prosesnya, sampai terjadinya katarak. Ada juga test buta warna dan test kesehatan mata.
  7. Ruang Serbaguna
  8. Zona Pembuluh Darah,  ruangan di zona ini di dominasi warna merah darah lengkap dengan lorong yang dibuat mirip dengan pembuluh darah yang di dindingnya menempel keping-keping darah merah.
  9. Zona Jantung,  memasuki zona jantung akan di dapati sebuah jantung dengan ukuran raksasa dan dua buah simulator jantung yang bisa menunjukkan aktifitas aliran darah ke jantung maupun aliran darah yang keluar dari jantung, termasuk simulasi detak jantung dengan 4 aktifitas yang kita lakukan
  10. Zona Paru-paru,  di zona ini kita juga menemukan Paru-paru raksasa yang sangat mirip dengan aslinya, sebelah kiri paru-paru sehat dan yang sebelah kanan paru-paru seorang perokok.bagong5
  11. Zona Hati,  di sini kita bisa menyaksikan duplikat hati dengan ukuran yang besar, serta cara kerja, fungsi dan bagian-bagiannya.
  12. Zona Lambung
  13. Zona Usus,  di sini kita dihadapkan pada usus dengan ukuran besar dan warna yang sangat mirip dengan aslinya, kita bisa tahu usus besar, usus halus, usus buntu dan cara kerja serta fungsinya
  14. Zona Ginjal,  di zona ini kita temui replika ginjal sekaligus fungsi dan cara kerjanya yang dijelaskan oleh guide, termasuk jumlah ideal cairan yang dibutuhkan setiap harinya.
  15. Cinema 3D   (untuk umur 15 tahun keatas)
  16. Zona Tulang dan Sendi,  di sini kita bisa tahu bagaimana persendian manusia dan juga proses terjadinya pengeroposan tulang.
  17. Zona Exhibition,  zona ini adalah yang paling membuat penasaran pengunjung karena tidak semua pengunjung bisa masuk, hanya yang sudah berumur 18 tahun keatas saja yang diperkenankan masuk, karena di ruangan ini menampilkan berbagai organ asli manusia yang diawetkan, di zona ini pula pengunjung dilarang mengambil photo/gambar.

Selain itu ada juga ruangan untuk Cafe Gigi, Cafe Bagong dan Ruang Pemeriksaan Gratis. Zona dilengkapi dengan berbagai ornamen bagong2
sesuai fungsi organ dan juga miniatur organ tubuh serta seorang guide yang akan menjelaskan fungsi organ di lengkapi dengan fasilitas multimedia yang cukup canggih. Bagi pengunjung yang akan berfoto ria di persilakan, bahkan ada fasilitas penunjang untuk selfi antara lain baju dokter lengkap, meja dokter bagong, berperan sebagai dokter kandungan yang sedang melakukan usg maupun peran sebagai dokter gigi lengkap dengan peralatannya.

  • Tiket masuk Standar 

Weekday (Senin – Kamis)         : Rp.  40.000,-

Weekend (Jumat – Minggu)     : Rp.   60.000,-

  • Harga Tiket Terusan

Jatim Park 1  +  Museum Tubuh

Weekday (senin – kamis)          :  Rp.   70.000,-

Weekend  (jum’at – minggu)    :  Rp.  100.000,-

Jatim Park 2  +  Museum Tubuh

Weekday (senin – kamis)          :  Rp.    85.000,-

Weekend  (jum’at – minggu)    :  Rp.  125.000,-

Jam Buka   :   08.30 – 16.30 WIB

Alamat        :   Jl. Kartika No.2 Kota Wisata Batu, Malang

Telephone  :  0341-597778

Website      :  www.museumtubuh.jawatimurpark.com

Facebook   :  Official The Bagong Adventure Museum Tubuh

Twitter      :  @museumtubuh

Instagram : Museum Tubuh

This entry was posted in Jalan-jalan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment